Rabu, 18 Januari 2012

Tahan Emosi Adebayor!


Tahan Emosi Adebayor!
Ekspresi striker Manchester City, Emmanuel Adebayor seusai diganjar kartu merah di laga lawan Stoke City di replay putaran kelima FA Cup di Britannia Stadium, 24 Februari 2010. Stoke unggul 3-1. AFP PHOTO / ANDREW YATES
Emmanuel Adebayor (© AFP 2010)

Untuk pertama kalinya sejak dibeli Manchester City musim panas lalu, Emmanuel Adebayor kembali ke Emirates Stadium, markas Arsenal. Partai emosional bagi penyerang asal Togo yang musim lalu masih membela panji The Gunners.

Bertambah emosional bagi Adebayor karena hubungannya dengan fans Arsenal di musim terakhirnya kurang harmonis. Fans klub London Utara menganggap Adebayor pemain matre yang hanya mementingkan uang ketika memutuskan pindah ke City.

Permusuhan itu terlihat ketika Arsenal bertandang ke City of Manchester Stadium, September tahun lalu. Pemain berusia 26 tahun itu niat menyeberang satu lapangan penuh untuk merayakan gol di depan Gonners, fans Arsenal. Tindakan yang memicu aksi pelemparan dari arah tribun.

Akibatnya Adebayor ditegur Premier League sebagai pemegang otoritas liga terelite di Inggris. Karena itu jelang kunjungan ke Emirates, Sabtu (24/4), rekan-rekannya mengingatkan kepada Adebayor untuk menjaga sikapnya.

Rekan setim di City yang juga kompatriotnya, Kolo Toure mengatakan, Adebayor harus bermain dengan kepala dingin. "Kami tahu bahwa apa yang dilakukannya bukanlah reaksi terbaik. Dan, sebagai teman, saya wajib mengingatkannya," kata Toure. City menang 4-2 saat keduanya bertemu di Eastlands pada awal musim.

Seperti halnya perayaan gol berlebihan di depan suporter lawan, Adebayor juga diskors tiga pertandingan melanggar keras Robin van Persie. Penyerang Arsenal itu menderita luka di bagian wajah dan menuduh sang mantan rekan setimnya itu sengaja mencederainya.
Adebayor meminta maaf atas perilaku buruknya kepada suporter Arsenal setelah pertandingan. "Konyol rasanya berlarian merayakan gol di depan suporter Arsenal, tetapi orang-orang tersebut telah mengejek saya sepanjang pertandingan. Bahkan sejak pemanasan. Mereka mengatakan hal-hal yang tidak enak didengar, hal-hal pribadi," kata pemain kelahiran Togo itu membela diri.
Pertandingan melawan Arsenal nanti sangat penting bagi The Citizens yang tengah berjuang memperebutkan posisi keempat Liga Premier dengan Tottenham Hotspur, Aston Villa dan Liverpool. Berhasil maka City bisa merasakan panasnya persaingan di Liga Champion musim depan.

Toure mengatakan kepada Adebayor untuk menahan emosi, tetap tenang dan tidak melakukan hal apapun yang bersifat provokatif. "Adebayor seorang pemain profesional. Dia harus fokus pada pertandingan dan memberikan penampilan terbaiknya untuk membantu tim meraih kemenangan," tutup Toure.(MRQ/DIM/BBC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar